Web Security

Extension berbahaya, jalan menuju “hack joomla”

hackJoomla di hack, menjadi berita yang semakin santer. Semakin sering saja CMS ini menjadi sasaran serangan terutama pada situs-situs pemerintahan.

Joomla merupakan CMS yang sangat powerful dan serba guna, hanya dengan Joomla anda bisa membuat online store, blog, website company profile atau apa pun juga karena joomla ini memiliki partisipant yang yang banyak sekali di dunia.

Mereka banyak menyumbangkan extension yang begitu banyak di internet. Namun sayang kebanyakan  website di indonesia yang menggunakan Joomla sangatlah rentan untuk di hack, karena kita ini tidak pernah memperhatikan betapa banyaknya hacker di dunia maya ini…. dan hacker di internet sangat banyak dan terus mencari mangsa.

Tapi justru karena begitu banyak penyumbang extension joomla menjadi rentan, para hacker justru kadang memanfaatkannya dengan membuat semacam backdoor script berkedok extension.

Tips aman pertama kali adalah pastikan anda menggunakan hosting yang terbaik dan memiliki sistem backup untuk mencegah jika terjadinya serangan, dan beriktunya jangan menginstall extension sembarangan. ingat saja tidak semua extension bisa dipercaya

 

 

Comments are closed.